Keutamaan Surah Al-Waqi’ah (2)

 Fadhilah Surah Al-Waaqi’ah

Disebutkan dalam sebuah hadits ; “Barang siapa yang membaca Surat al-Waaqi’ah pada tiap malam niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya.”

Rasulullah Saw. sangat menganjurkan untuk selalu membaca Surat al-Waaqi’ah pada tiap malam karena fadhilah yang terdapat dalam surat tersebut sungguh untuk melancarkan jalannya rezeki, sehingga yang mengamalkan akan terhindar dari kefakiran.

Dalam kitab Majmu’ Latiif ada sebuah kisah menarik tentang fadhilah Surah al Waaqi’ah. Yakni, pada saat Utsman bin Affan mendatangi Abdullah bin Mas’ud ia bertanya, “Sepertinya engkau sedang sakit. Apa yang sedang engkau derita, wahai Abdullah?” tanya Utsman kepada Abdullah.

“Dosa-dosaku,” jawab Abdullah datar. “Lalu, selama ini apa yang engkau sukai, wahai Abdullah?” Utsman bertanya lagi. “Rahmat Tuhanku,” jawab Abdullah. Singkat cerita, Utsman kemudian menawarkan  jasa untuk mengumpulkan dana guna diberikan kepada putra Abdullah.

Tetapi, Abdullah menolak, “Aku tidak takut putra-putraku akan terjatuh dalam lubang kemiskinan, karena sesungguhnya aku telah memerintahkan semua anak-anak untuk membaca Surat al-Waaqi’ah pada tiap-tiap malam. Dan itu yang aku dengar dari sabda Rasulullah saw berbunyi: “Barang siapa yang membaca Surat al-Waaqi’ah tiap-tiap malam maka tidak akan fakir,” Jelas Abdullah terhadap Utsman.

Demikianlah sekilas kisah dalam kitab Majmu’ Latiif yang telah menerangkan tentang fadhilah clan keutamaan dalam Surat al-Waagi’ah, yang dijelaskan oleh Utsman bin Affan ketika dirinya berkunjung ke tempat Abdullah bin Mas’ud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s