Shalat yang Khusyu’

Bagaimana Caranya Sholat Yang Khusu’ Itu ?

 

Banyak dari kita yang begitu berharap dan menginginkan agar bisa sholat dengan khusyu’.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sholat yg khusyu’ itu?  Sholat yg khusyu’ itu adalah jika sholat yg didirikan tersebut terasa nikmat dan berkesan. Bagi orang yg bisa khusyu’ sholatnya, mereka akan begitu menikmati, bahkan bisa begitu lama. Sementara itu, tidak sedikit orang yg tidak tahu makna khusyu’ sehingga mereka terburu-buru saat sholat.

Sholat yang khusyu’ hanyalah bisa terjadi jika dilakukan dengan tuma’ninah.  Jika tidak tahu atau tidak mengerti tuma’ninah, insya ALLOH, akan sulit untuk bisa khusyu’.

Jadi, menurut saya, langkah pertama yg mesti dilakukan agar kita bisa mendirikan sholat dg khusyu’ adalah mengetahui dan melaksanakan tuma’ninah itu. Insya ALLOH akan dipermudah untuk melangkah ke tahapan khusyu’.

Ada banyak cara untuk menambah kekhusyu’an dalam sholat ;
Pertama, ingatlah kematian, seakan-akan sholat itu adalah terakhir bagimu. Hal ini memang masih abstrak dan cenderung sulit utk dipraktikkan.

Kedua, ‘lihat’lah (dan rasakan keberadaan) ALLOH SWT dalam sholatmu, atau yakinkan diri bahwa Dia yang Maha Melihat senantiasa melihatmu.

Ketiga, usahakan untuk memahami dan tahu arti dari tiap bacaan dalam sholat.

Keempat, sholatlah seperti apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW

Selain hal-hal di atas, anda sebaiknya perhatikan dan mengetahui adanya hal-hal yang bisa mengakibatkan HILANGNYA kekhusyu’an sholat kita. Antara lain:
Pertama, lokasi sholat. Jika anda sholat di ruang yg bersih, tenang, tentu akan terasa berbeda jika anda sholat di ruangan yg kotor, bau, pengap, plus ribut.

Kedua, hal-hal dalam hidup (dunia). Sebelum sholat, pastikan anda ‘menyingkirkan’ dahulu urusan2 dunia. Jika ada pekerjaan, tinggalkan dahulu. Usahakan dompet, kunci kendaraan, handphone sudah berada di tempatnya. Karena terkadang jika kita lupa menyimpan dompet, kita baru teringat saat sholat. Dan otomatis hal ini akan membuyarkan sholat kita yg khusyu’.

Ketiga, pakaian dan kebersihan. Berkaitan juga dengan poin pertama. Pakaian yg bersih, tidak berlubang, akan membuat kita sholat lebih tenang. Demikian juga dg wangi nafas yg sedap akan membantu kita sholat dengan khusyu’. Bandingkan jika sebelah anda baru makan jengkol/petai, tentu konsentrasi sholat anda akan hilang bukan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s